Berita
Artikel
2022/01/03
Mitos vs Fakta Susu Kambing Formula

Pemberian susu kambing formula untuk anak belum begitu popular di Indonesia, meski faktanya susu kambing formula sudah banyak digunakan di banyak negara. Menurut hasil penelitan terkini, kualitas susu kambing formula tak kalah bahkan lebih unggul daripada susu sapi dalam hal kandungan nutrisi alaminya. Berikut rangkuman beberapa mitos vs fakta seputar susu kambing formula untuk anak yang perlu Moms ketahui:

 

Mitos: Hanya orang dewasa yang cocok minum susu kambing

Fakta: Saat ini sudah ada produk susu kambing formula yang khusus dibuat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tumbuh kembang anak. Susu kambing formula berbeda dengan susu kambing segar ataupun susu kambing bubuk umum yang ada di pasaran karena susu kambing formula wajib dibuat dengan memenuhi persyaratan gizi sesuai tahapan usia anak yang ditetapkan oleh BPOM.

 

Mitos: Susu kambing tidak sebaik susu sapi sebagai bahan dasar susu formula

Fakta: Susu kambing mengandung protein A2 beta casein yang lebih halus serta asam lemak rantai sedang yang lebih mudah dicerna serta diserap di dalam perut si Kecil. Susu kambing juga mengandung Nukleotida dan Taurin alami 3x lebih tinggi yang bermanfaat untuk perkembangan daya tahan dan kecerdasan. Nutrisi alami susu kambing tetap bertahan karena diproses tanpa membuang lemak susu dan hanya melalui 1x pemanasan yang cukup untuk membuatnya higienis.

 

Mitos: Manfaat susu kambing formula lebih untuk pertumbuhan fisik daripada kecerdasan

Fakta: Susu kambing formula memang mengandung tinggi kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Namun selain itu, susu kambing juga mengandung Taurin alami 3x lebih banyak dari susu biasa. Susu kambing formula juga dilengkapi dengan kandungan Omega 3 dan Omega 6 yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan anak pada masa pertumbuhannya.

 

Mitos: Susu kambing formula berbau prengus

Fakta: Susu kambing segar normal mempunyai aroma yang khas karena kaya akan asam lemak rantai sedang atau medium chain fatty acids (MCFA). Akan tetapi, proses pengeringan dan fortifikasi (proses menambahkan mikronutrien sesuai kebutuhan) dapat mengurangi aroma khas tersebut. Kebanyakan anak-anak dapat beradaptasi dengan baik terhadap susu kambing formula karena aroma susu kambingnya telah dikurangi melalui teknik produksi yang khusus.  

 

Mitos: Susu kambing formula untuk anak belum ada di Indonesia

Fakta: Kabar baiknya, susu kambing formula untuk anak sudah ada di Indonesia yaitu Karihome! Saat ini Karihome sudah tersedia di official store Karihome Lazada, Tokopedia, dan Shopee. Manfaatkan promo potongan harganya hingga 17 Februari 2022.

Kembali